Ini Dia Burung Uncuing Yang Dianggap Petanda Membawa Petaka Jika Berbunyi

newswartapublik
By newswartapublik April 8, 2017 14:11

Ini Dia Burung Uncuing Yang Dianggap Petanda Membawa Petaka Jika Berbunyi

Story Highlights

  • Mitos Suara Kedasih

Bogor, News Warta Publik - Anda pernah mendengar suara burung yang disebut Uncuing? Bunyi burung itu mencuit panjang di tengah keheningan. Wik wik wik wik wik…..!

 

Di sejumlah daerah, bunyi burung Uncuing atau burung Kedasi ini kerap dianggap memberi pertanda akan adanya orang yang meninggal. Benarkah itu? “Itu hanya mitos,” kata Pakar Burung Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (Fahutan IPB) Dr Yeni Aryani Mulyani. Yeni yang meneliti burung Uncuing ini menjelaskan, sejak dia kecil pun mitos itu sudah dia dengar. Memang suara burung itu kadang terdengar menakutkan.

 

“Suara itu salah satu bentuk komunikasi. Kalau pagi itu mengumumkan wilayah teritori dia, kemudian mencari pasangan untuk menarik betinanya. Kan salah satu daya tarik burung itu dari suara yang paling keras, umumnya seperti itu,” kata dia.

 

Burung Kedasi ini, menurut Yeni, masuk dalam kelompok burung anggota suku Kangkok atau Cuculidae, atau dalam bahasa Inggris disebut Cuckoo. Nama lain yang diberikan kepada kelompok ini adalah Wiwik atau Uncuing, atau Sirit Uncuing.

 

“Jenis burung ini tak banyak yang tahu bahwa secara ekologi, bisa membantu petani. Burung ini memakan serangga,” ujar dia.

 

Uncuing ini, lanjutnya, memiliki bentuk yang indah. Tapi jarang sekali yang bisa melihatnya walau suaranya nyaring terdengar.

 

“Burung ini pemalu, dia bersembunyi di dahan,” pungkasnya.*

 
News Warta Publik.

newswartapublik
By newswartapublik April 8, 2017 14:11
Write a comment

1 Comment

  1. asty pawira April 10, 18:39

    orang dulu beda dengan orang zaman sekarang..banyak bahasa kiasan yang luas maknanya.karena untuk menyampaikan ilmu kepada seseorang itu melalu cerita atau dongeng .puisi pantun yang lansung terekam di aq nya sampai turun temuru termasuk penyebaran agama.
    karena pada waktu itu orang bisa sekolah terbatas hanya kalangan bangsawan.rakyat jelata hanya mendengar cerita mulut kemulut akhirnya terjadilah sebuah mitos mereka tidak tau yang benar atau yang salah.tidak tau jawabanya
    beda dengan zaman sekarang zaman canggih banyak ilmu pengetahuan internet bisa segalanya tinggal klick mbah gugle cari segudang artikel.
    disamping ilmu pelajaran dari sekolah orang masih cari ilmu umum dari linternet dan pergaulan dan penasaran cerita cerita orang dulu lansung bs cari tau sumbernya.kita semua bersyukur hidup di zaman sekarang dan bs menuntut ilmu kapan aja dan dimana aja.

    Reply to this comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*