KH Sholeh Iskandar, Ulama Pejuang Kemerdekaan Dari Bogor

newswartapublik
By newswartapublik Desember 15, 2017 06:52

KH Sholeh Iskandar, Ulama Pejuang Kemerdekaan Dari Bogor

Story Highlights

  • Histori,KH Sholeh Iskandar.

News Warta Publik - Sebagian warga Bogor mungkin mengenal KH Sholeh Iskandar sebagai nama sebuah jalan. Tapi jasa dan kiprah sosok kelahiran Cibungbulang, 22 Juni 1922 ini dalam melawan penjajahan sangatlah besar. Sebelum terjun di medan perjuangan, KH Sholeh Iskandar pernah mendirikan organisasi pemuda Muslim yang bernama Subbanul Muslimin pada tahun 1938 yang berpusat di Cibungbulang.

Sebagian waktu mudanya dihabiskan di medan perang terlebih lagi beliau saat itu tercatat sebagai Komandan Hizbullah di wilayah Bogor Barat. Bersama para pejuang lainnya, beliau bergerilya melawan penjajah. Beberapa pertempuran yang melibatkan KH Sholeh Iskandar antara lain di daerah Ciseeng, Parung, Depok dan beberapa lokasi di Kota Bogor tahun 1945-1948.

Pada jaman Jepang, Batalyon perjuangan yang didirikannya yang bernama Baperdju di Cigudeg berhasil melucuti tentara Jepang di Desa Nanggung dan Desa Karacak Leuwiliang. Jasa sang Mayor TNI KH Sholeh Iskandar lainnya adalah memimpin gerilya Batalyoon Tirtayasa Siliwangi. Berkat dia, alih-alih penjajah ingin menguasai Bogor, pasukan sekutu kalah telak dan meninggalkan Bogor.

Kepiawaian dalam strategi perang mempertahankan Bogor tersebut membuat beliau mendapat pengakuan dari Belanda dan Sekutu. Mereka mengakui bahwa Sholeh Iskandar sebagai salah satu ahli strategi dalam perang gerilya yang dimiliki oleh Indonesia. Mayor KH Sholeh Iskandar, meninggal dunia tepat di usia 70 tahun pada 1992. Jenazahnya dikebumikan di Desa Barengkok, Leuwiliang, Kabupaten Bogor. [ Red ]

 

 

Reporter by Andy Djava
News Warta Publik
Dari berbagai sumber.

newswartapublik
By newswartapublik Desember 15, 2017 06:52
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*