Misteri Dibalik Keindahan Curug Cibereum Sukabumi,Konon Membuat Buluk Kuduk Merinding

newswartapublik
By newswartapublik Mei 1, 2017 16:22

Misteri Dibalik Keindahan Curug Cibereum Sukabumi,Konon Membuat Buluk Kuduk Merinding

Story Highlights

  • Konon sering terdengar Wanita menengis

Sukabumi, News Warta Publik - Jayanegara adalah nama sebuah kampung di kaki gunung salak, yang masuk ke wilayah Kabupaten Sukabumi. Jayanegara pada awalnya hanya wilayah yang berada disekitar perkebunan teh Jayanegara saja. tetapi belakangan, yang dimaksud dengan jayanegara adalah kawasan yang berada di sekitar perkebunan Jayanegara dan wilayah sekitarnya yaitu Kadusunan Cimanggu, Kadusunan Babakan dan Kadusunan Cibeureum atau Ciawitali.

 

Disana terdapat sebuah curug atau air terjun yang dinamai Curug Cibeureum. Sebagian lainnya menyebutnya Curug Sentral karena dulu pernah terdapat turbin PLTA yang dibangun oleh Belanda tahun 1933. konon menurut warga di lokasi tersebut terkesan angker dan pada Zaman itu tidak ada yang berani mendekat ke sekitar Curug. Hanya orang yang dipekerjakan oleh belanda dan ditugaskan oleh mereka untuk merawat sentral turbin PLTA saja yang berani.

 

“Dulu warga biasa enggak ada yang berani kesitu,” tutur Boris. Senin, (1/5/17) warga Pondok Beureum RT 01/01 Desa Jayanegara Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi.

 

Menurut dia, selain lokasi berada dilembah yang dalam dan dikelilingi oleh perkebunan teh serta pepohonan besar, warga juga sering mendengar hal-hal yang aneh.

 

“Konon dulu itu katanya ada warga yang mendengar suara seperti seorang perempuan yang sedang menangis. Lalu ada juga cerita warga yang pernah melihat perempuan cantik lagi mandi,” imbuhnya.

 

Seiring berlalunya waktu, sambung dia, situasi mulai berubah, Curug Cibeureum atau Curug Sentral kini justru mulai banyak dikunjungi wisatawan.

IMG_20170501_230836

Saat News Warta Publik berada dilokasi Curug, sisa-sisa pondasi bekas turbin peninggalan Belanda masih bisa dilihat lengkap dengan dua sisa lobang bekas saluran air di sisi kanan dan kiri. di lokasi juga sempat melihat rombongan monyet hutan sedang berkeliaran.

 

Pada pintu masuk pertama menuju jalur ke lokasi, nampak bangunan pabrik teh dan bangunan rumah bekas mess para pekerja  yang masih berdiri kokoh meski telah berusia tua.

 

“Selama kita sopan, insyaallah akan diberikan keselamatan,” pesan Boris.

 

Semua berpulang kepada kita untuk lebih bijak menyikapi fenomena mistis yang terjadi dialam semesta ini,karena Tuhan menciptakan sesuatu yang dikehendakiNya saling berpasangan, antara alam nyata dan juga alam ghaib hanya KepadaNya kita memohon perlindungan dari mahluk ghaib agar kita tidak salah dalam menyikapi hal-hal  diluar nalar kemampuan kita tentang mahluk ghaib yang tidak bisa menafsirkannya.*

 

 

 

Reporter by Andy Djava
News Warta Publik

newswartapublik
By newswartapublik Mei 1, 2017 16:22
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*