Karawang, News Warta Publik – Minggu (16/12/2018), sebanyak 231 atlet berlaga dalam kejuaraan Jabar Open Combat Sambo Championship 2018 dan Karawang Open Judo Championship yang digelar di Ganesha Arena Karawang, Jalan Surotokunto Karawang. Atlet tersebut terbagi di cabang olahraga judo sebanyak 211 atlet dan di Cabang Olahraga (Cabor) Sambo sebanyak 20 atlet.

Sekretaris Umum Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jabar, Arnold Silalahi mengatakan, untuk Cabor Sambo, kejuaraan yang digelar menjadi ajang sosialisasi Cabor yang baru dipertandingkan pada Asian Games XVIII pada Agustus 2018 kemarin. Selain itu, kejuaraan Sambo digelar menjadi ajang seleksi untuk mencari wakil Jabar pada seleksi nasional.

“Di ajang SEA Games 2019 mendatang di Manila, Cabor Sambo kemungkinan besar dipertandingkan. Karena itu, kita menyiapkan atlet untuk menghadapi seleksi tim nasional. Nomor yang dipertandingkan yakni kelas 57 kg, kelas 64 kg, kelas 74 kg dan kelas +74 kg,” kata Arnold kepada wartawan.

Sedangkan untuk Cabor Judo, Arnold mengaku, digelarnya kejuaraan sebagai ajang pembibitan atlet judo potensial sebagai pelapis atlet senior. Untuk kejuaraan judo sendiri, dibagi dalam empat kelompok yakni SD A, SD B, SMP, dan SMA.

”Total peserta pada Karawang Open Judo Championship sebanyak 211 atlet dengan rincian 71 atlet di kelompok SMA, 61 atlet di kelompok SMP, 22 atlet di SD A, dan 51 atlet di SD B,” ujarnya.

Untuk peserta di Karawang Open Judo Championship sendiri, tambah Arnold, pihaknya akan membatasi dari sisi kepesertaan. Ketentuan khusus tersebut yakni larangan bagi atlet-atlet yang pernah juara di ajang Popda Jabar untuk ikut bertanding.

“Jadi atlet yang turun bertanding, benar-benar atlet pemula dan belum pernah juara. Kejuaraan sendiri, baik Sambo atau Judo, akan digelar dalam satu hari dan bersifat open khusus Jabar,” pungkasnya.

News Warta Publik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini