Awal Merokok Sampai Menjadi Perokok Berat

0
84

News Warta Publik-Pada umumnya kaum laki-laki adalah dominan perokok, pada awalnya mereka “pria” di dasari dari pergaulan.
Semenjak mereka lulus Sekolah Dasar (SD) lalu masuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama ( SLTP ) mereka baru mulai beranjak dewasa atau biasa lebih di kenal dengan Anak Baru Gede (ABG).
Dalam pase baru mulai tumbuh kedunia remaja, banyak hal yang belum tahu dan banyak ingin tahu.
Dimasa itulah baru dimulainya mecari jati diri dan berlanjut mulai berbaur dan bergaul dengan teman dari luar.
Diawali dengan melihat teman satu tongkrongan merokok, lalu menanyakan dan akhirnya mencoba.
Dimasa baru mengenal pergaulan dunia luar Anak Baru Gede (Abg) ini, terkadang mereka bilang kalau tidak merokok tidak gaul.
Dimulai dari situlah kebanyakan orang merokok, dari mulai ikut-ikutan sampai menjadi perokok berat.

Sebelum menjadi perokok berat,
Ada beberapa hal yang harus di ketahui tentang Rokok :

ROKOK

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung yang lainnya.

Tidak Baik Untuk Kesehatan*

Rokok dapat membuat pecandunya menderita beragam penyakit.
Rokok dapat menyebabkan gangguan pernapasan, batuk kering, hingga nyeri pada paru-paru. Selain itu, rokok juga dapat menyebebkan sakit paru-paru, serangan jantung, stroke, kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan.

Bahaya Merokok

Bahaya merokok bagi kesehatan yang paling utama datang dari racun karsinogen (penyebab kanker) dan karbon monoksida pada asap rokok. Kedua zat tersebut akan terhirup saluran pernapasan, yang pada akhirnya dapat memicu kerusakan organ dan menurunnya fungsi dari organ sistem jantung, pembuluh darah, dan pernapasan.

Sebelum terlambat, sebelum kita terjangkit penyakit akibat dari merokok, mari kita mulai stop merokok dari sekarang.[ Red ]

 

Penulis by Rosis Aditya
News Warta Publik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini