Bemo, Si Mungil Yang Tersingkir Tinggal Kenangan

0
53

News Warta Publik – Di balik perkembangan Kota Metropolitan, Jakarta menyimpan sejarah tentang transportasi jadul yang sempat melayani warganya wara wiri ke tempat tujuan. Seiring perkembangan waktu, jenis transportasi itu pun punah ditelan zaman.

Seperti Bemo, jenis kendaraan si mungil roda tiga ini sempat menjadi modal andalan warga Jakarta. Bemo yang merupakan singkatan dari becak motor mulai digunakan di Indonesia pada awal tahun 1962, pertama-tama di Jakarta dalam kaitannya dengan Ganefo.

Belakangan kehadiran bemo dimaksudkan untuk menggantikan becak. Namun rencana ini tidak berhasil karena kehadiran bemo tidak didukung oleh rencana yang matang.

Bemo tidak hanya hadir di Jakarta, melainkan juga di kota-kota lain seperti di Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, Padang, Denpasar. Karena kendaraan ini sangat praktis dan mampu menjangkau jalan-jalan yang sempit, dan dapat melaju jauh lebih cepat daripada becak.

Bemo yang mulanya beroperasi seperti taksi, belakangan dibatasi daerah operasinya di rute-rute tertentu saja, dan akhirnya disingkirkan ke rute-rute kurus yang tak disentuh bus kota. Di Jakarta, bemo mulai disingkirkan pada 1971.

Bemo lahir pada tahun 1957 dari rahim pabrikan otomotif asal Jepang, Daihatsu, yang diberi nama Midget. Daihatsu Midget ini disebut memiliki arti kerdil, karena memang desainnya cukup mungil, dengan sedikit moncong ke depan mirip bajaj.

Disebutkan bahwa Daihatsu Midget ini merupakan model pertama Daihatsu yang masuk pasar otomotif nasional. Hanya saja, dulu Daihatsu Midget bukan diperuntukkan sebagai kendaraan penumpang, melainkan komersil untuk pengangkut barang.

Uniknya, model pertama Midget atau Model DK ini tidak menggunakan pintu dan kemudinya dibuat mirip sepeda motor atau stang, dengan atap terbuat dari bahan kanvas atau terpal.

Midget memiliki dimensi panjang 2.540 mm, lebar 1.200 mm, dan tinggi 1.500 mm. Kendaraan ini hanya bisa mengangkut satu penumpang. Dengan mesin tersebut, Midget ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum 65 km/jam. [ Red ]

 

News Warta Publik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini