Ditangan Abah Zakir, Sebilah Bambu Jadi Alat Musik Unik

0
148

Bogor, News Warta PublikMusik merupakan media komunikasi berupa suara yang menghasilkan keindahan, musik selain hiburan juga memberikan pesan moril didalamnya.

Keunikan musik adalah ragam dan bentuk dari alat musik tersebut, keanekaragaman jenis musik melahirkan sebuah ide, dari berbagai jenis musik kita mengenal berbagai alat musik baik alat musik modern maupun tradisional.

Ditangan salah seorang warga kebon Kopi, RT 05/09 kelurahan Kebon Kelapa Bogor tengah, kreativitasnya boleh dibilang mumpuni, Abah Zakir ( 72 ) mampu menciptakan alat musik tradisional yang unik yaitu gamelan terbuat dari bambu, soal suara tak kalah dengan keindahan alat musik yang kita kenal selama ini.

Abah Zakir merupakan sosok pelaku seni karena abah Zakir selain melestarikan budaya juga dikenal sebagai dalang , selain itu abah Zakir melalui daya ciptanya ia membuat inovasiĀ  baru dengan membuat seperangkat gamelan dari bahan bambu.

Jika biasanya gamelan sebagian besar berbahan logam, namun berbeda dengan seperangkat gamelan yang dibuat oleh abah Zakir. Justru sebaliknya, sebagian besar peralatan musik tradsional ini berbahan bambu.

“Alhamdulillah semua ini Abah yang bikin,” kata Abah Zakir pimpinan lingkung seni ‘Sabda Pawitan’ kepada news warta publik saat ditemui dirumahnya. Selasa, (26/6/2018).

Tidak hanya gamelan, Abah juga membuat alat musik tradisional Sunda lainnya. Seperti kendang kecil, kecapi bahkan terlihat sejumlah gitar terpajang dirumahnya.

“Suaranya nyaring dan enak didengar nya, luar biasa Abah,” ujar Asep U.S salah salah satu rombongan paguyuban ‘PWG’ Bogor Raya saat Silaturahmi kerumahnya.

Meskipun terbuat dari bambu, suara yang dihasilkannya tak kalah merdu dengan gamelan berbahan dasar logam seperti kuningan, tembaga, dan jenis logam lainnya.[ Red ]

 

Reporter by Andy Djava
News Warta Publik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini