Bogor, News Warta Publik – Indonesia terdiri dari 34 provinsi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Di setiap provinsi memiliki berbagai kekayaan alam, adat-istiadat serta beragam kebudayaan lainnya. Kebudayaan tersebut meliputi rumah adat, upacara adat, tari tradisional bahkan juga senjata tradisional.

Negara kepulauan ini pun sudah diakui oleh dunia luar karena kekentalan budayanya. Salah satu budaya yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah senjata tradisional dari Indonesia. Berikut ini salah satu senjata tradisional dari Indonesia.

Anda tentu pernah mendengar tokoh Si Pitung yang berasal dari Betawi. Konon, Si Pitung bertarung melawan penjajah Belanda demi keadilan. Senjata yang digunakan Si Pitung yaitu sebuah senjata tradisional khas Betawi, yakni golok. Fungsi golok ini tidak berubah dari masa ke masa.

Sampai sekarang, fungsi golok tetap sama yaitu sebagai alat bela diri. Orang Betawi asli selalu mempunyai golok di dalam rumahnya. Setiap bepergian senjata tersebut selalu dibawa dan diselipkan di pinggang sebagai alat bela diri.

Penyanyi religi Opick ‘tombo ati’ Sebagai ketua umum Seni Golok Indonesia (SGI). Mengatakan SGI merupakan sebuah organisasi yang mewadahi perguruan silat dengan senjata tajam golok.

“SGI didirikan untuk menjadi rumah persahabatan, persaudaraan para pendekar seluruh Indonesia, jawara, dan pesilat Indonesia,” kata Opick beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu ditempat berbeda, salah satu pendiri Seni Golok Indonesia (SGI). Erka Maharani Dhipa Djaya, SGI mempunya galeri kecil. “Mas Opick sebagai ketua Seni Golok Indonesia, kebetulan kita ngajar santrinya beliau,” pungkas Erka. Rabu, (20/2/2019).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini