Hari Wayang Dunia, Tiga Dalang Putra Giri Harja ” Hipnotis ” Warga

0
117

Bandung, News Warta Publik-Peringati hari wayang dunia yang jatuh pada hari ini, 7 November 2018, tiga dalang dari Giri Harja meriahkan acara yang digelar malam ini di Padepokan Giri Harja Baleendah Bandung Jawa barat.

Pementasan wayang golek serta wayang Kulit dengan lakon ” Kumbakarna Gugur ” dan ” Jaya Perbangsa ” dibawakan dalam satu panggung oleh tiga dalang muda, Ki Bhatara Sena, Wishnu Irwan Sunarya dan Yogaswara Sunandar Sunarya.

Meski sore tadi diguyur hujan dan suasana Bandung malam ini tampak diselimuti cuaca dingin namun tidak menyurutkan warga untuk menyaksikan pagelaran Wayang Golek dari Giri Harja.

” Dalam lakon pewayangan itu ada makna yang tersirat, tentang arti hidup yang sedang kita lakoni ini..karena kehidupan ini memang seperti lakon pewayangan..” ujar abah Sardi pecinta wayang golek dari kampung Ciparay yang ikut menyaksikan pagelaran Wayang golek tersebut.

” Maknanya ya, sing ngelakoni hirup penuh dengan kesabaran,iklas serta eling kepada yang kuasa kalau hidup ini ada yang ngatur seperti filosofi dalam lakon pewayangan.” Katanya sambil menghisap kretek di sudut pertunjukan sesekali menyerudup secangkir kopi hitam saat ditemui News Warta Publik.

Pageleran wayang golek ini juga dihadiri dari berbagai kalangan baik kaum tua maupun kaum muda serta dari beberapa paguyuban pecinta kesenian tanah sunda tersebut, harapan warga selain hiburan suguhan kesenian ini menjadikan ikon bagi kebudayaan di Jawa Barat. [ Red ]

 

Reporter by UG DANI
News Warta Publik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini