Ini Arti Kata Sampurasun, Petuah Sunda Yang Sering Kita Dengar

0
315

Bogor, News Warta Publik Kata “sampurasun” yaitu sapaan yang biasanya akrab di telinga orang sunda, tapi mungkin banyak juga yang tidak tahu artinya bahkan tidak pernah mendengar kata atau tulisan Sampurasun dan Rampes. Kata-kata ini digunakan saat saling bertemu, atau ketika seseorang menyapa khalayak ramai atau pada sambutan bewara (pidato), bisa juga sebagai pembuka tulisan.

Bagi Anda yang menggunakan Bahasa Sunda tentu sudah tidak asing dan aneh lagi dengan kata Sampurasun dan Rampes pasti sudah mengetahui artinya, Kata Sampurasun berarti permisi dan Rampes berarti silahkan

Atau ada juga yang mengartikan Sampurasun berasal dari kalimat “Sampurna ning ingsun” yang memiliki makna “sempurnakan diri anda”. Banyak cara dilakukan untuk melestarikan budaya daerah, salah satunya adalah dibidang bahasa. penyampaian salam pembuka ‘sampurasun’ dalam setiap kegiatan tersebut dikatakan sebagai upaya melestarikan budaya Sunda kalau bukan orang sunda yang melestarikannya mau siapa lagi?

Dalam sejarahnya, kata Sampurasun merupakan singkatan dari Sampura ( hampura ) yang artinya pinten. Kata ini singkatan dari “abdi nyuhunkeun dihapunten” (Saya mohon dimaafkan).

Sehingga, ketika seseorang mengucapkan Sampurasun, maka jawabannya tentu saja Rampes, artinya baik dimaafkan. [ Red ]

 

Oleh Andy Djava
News Warta Publik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini