Jangan Ditebang Pohon Kedondong, Ini Manfaatnya

0
1273

News Warta Publik – Pohon kedondong sering kali dianggap tak terlalu penting dna banyak menyebabkan permasalahan seperti jadi sarang ulat bulu, hingga beberapa orang yang malah menebang pohon yang satu ini. Tetapi buah kedondong serta daunnya mempunyai banyak manfaat pada kesehatan.

Penyakit borok merupakan penyakit yang menjijikan serta akan bikin rontok rasa yakin diri penderitanya. Dauh buah kedondong ini bermanfaat untuk menyembuhkan luka termasuk luka akibat penyakit borok.

Daun buah kedondong mengandung flavanoida, juga kandungan saponin serta tanin. Kandungan ini bermanfaat untuk mengobati luka disebabkan borok. Caranya tumbuklah daun buah kedondong sampai halus serta usapkan pada luka.

Saat sebelum diusapkan pada luka lebih baik bersihkan bersih luka Anda untuk hindari infeksi. Sesudah diusapkan, diamkan selama satu jam lebih lantas basuh menggunakan air bersih.

Kedondong adalah tanaman buah yang termasuk ke dalam suku mangga-manggaan atau Anacardiaceae. Tanaman ini juga di kenal dengan nama ambarella, dan hog plum, serta di Filipina kedondong dimaksud dengan hevi, mokah di Kamboja, sementara di Myanmar buah ini disebut dengan gway.

Buah kedondong adalah buah yang bisa dimakan langsung dalam keadaan fresh atau sering juga diolah jadi bahan rujak, atau dapat pula jadikan asinan, acar atau sebagai bahan pembuatan selai. Buah ini berbiji tunggal serta mempunyai serabut. Daun kedondong dapat dijadikan sebagai penyedap dalam pepes ikan.

Buah Kedondong mengandung zat besi, dijelaskan kandungan zat besi yang ada didalam 100 gr buah kedondong yang telah matang ada sekitar 3 mg. Faedah zat besi dalam biah ini mempunyai peran penting dalam tubuh seperti meningkatkan kandungan darah dalam tubuh, juga menghindar terjadinya masalah anemia serta mempercepat pengobatan luka.

Buah ini dapat memiliki banyak kandungan vitamin C. 100 gr buah Kedondong mengandung vitamin C sejumlah 30 mg yang bermanfaat sebagai pencegah terjadinya pendarahan, mempercepat penyembuhan luka, juga bermanfaat juga sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, menghindar sariawan atau infeksi, memperlancar pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh.[ Red ]

Andy Djava
Berbagai sumber.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini