Bogor, News Warta PublikKelanjutan kasus korupsi pengadaan lahan Angkahong hingga kini masih menjadi misteri. Pasalnya, meski Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat telah menaikan status perkara dari penyelidikan ke penyidikan, tetapi Korp Adhyaksa belum juga menentukan tersangka baru. Hal inipun semakin menjadi sorotan publik.

Bahkan, Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Rakyat Anti Korupsi (LSM Gerak) akan memperkarakan Kejati apabila tidak menetapkan orang yang disebut pleger oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Bandung sebagai tersangka (tsk). “Apabila perkara itu dihentikan dan tidak menetapkan pleger sebagai tersangka, akan kami perkarakan,” ujar Ketua LSM Gerak, Muhammad Sufi kepada wartawan, Kamis (20/7/2017).

Menurut dia, berdasarkan pertimbangan Majelis Hakim PN Tipikor dalam putusan terdakwa HYP, IG, dan RNA disebutkan bahwa terdapat petinggi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang disebut pleger. “Gerak selaku pelapor akan menanyakan langsung perkembangan hasil penyidikan korupsi Angkahong kepada Kepala Kejati dan Jaksa Agung,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua KNPI Kota Bogor, Bagus Maulana, angkat bicara mengenai pengusutan perkara korupsi Angkahong yang terkesan lamban.  “Sudah jelas bahwa majelis hakim tipikor menetapkan status pleger pasca menetapkan vonis kepada tiga orang terdakwa. Publik di Kota Bogor berharap agar kasus ini tidak berhenti hanya pada tiga orang saja karena sudah jelas ketetapan majelis hakim tentang pleger bukan berarti tanpa makna dan tindak lanjut apalagi malah menjadi SP3,” ungkap Bagus.

Bagus menegaskan, kasus ini harus dituntaskan sampai benar-benar dibuka siapa dalangnya. Apabila benar ada upaya penerbitan SP3, KNPI Kota Bogor akan mengambil sikap mengadu ke KPK. “Kami sepakat, sebagai pemuda dan pegiat hukum, meminta agar KPK mengambil alih penanganan kasus ini. Mengingat, nilai kerugian negara mencapai puluhan miliar,” tukasnya.[ Red ]

 

 

Reporter by Martha Siagian
News Warta Publik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini