Mengenal Daun Bidara dan Manfaatnya

0
911

News Warta Publik-Pohon Bidara atau bahasa latinnya Ziziphus Mauritiana merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan memiliki banyak cabang serta memiliki duri pada bagian kayunya, tumbuh di daerah tropis dengan sedikit kelembaban.

Daun bidara selain digunakan sebagai obat juga konon digunakan sebagai pengusir jin, belum diketahui dari mana sumbernya yang pasti masyarakat sudah mengenal manfaat daun bidara.

Apa saja manfaatnya ? Berikut beberapa khasiat daun bidara untuk kesehatan.

– Daun bidara memiliki kandungan yang dapat meresap kedalam pori dan ini salah satu khasiat daun bidadar bisa digunakan sebagai obat jerawat.

Caranya ambil beberapa lembar daun bidara, tumbuk hingga halus beri sedikit air lalu oleskan pada wajah, diamkan hingga kering lebih kurang 20 menit.

Setelah itu cuci hingga bersih tanpa menggunakan sabun, lakukan hingga 3-4 kali dalam seminggu, untuk hasil lebih sempurna bisa digunakan selama 2 bulan.

– Bagi anda yang memiliki masalah lambung, daun bidara bisa anda gunakan rebusan air bidara untuk diminum.

– Banyak manfaat lain dari daun bidara, untuk mengobati sariawan dan bibir pecah-pecah, daun bidara bisa anda gunakan untuk yang satu ini.

-Kandungan obat daun bidara juga memiliki kandungan obat meringankan luka bakar, ambilah beberpa helai daun bidara kucek dan oleskan pada bagian yang terluka, kandungan senyawa daun bidara bisa mencegah luka bakar membekas pada kulit.

Masih banyak manfaat daun bidara, selain buahnya enak dimakan, daun bidara memiliki keunikan yaitu saat kita petik akan tumbuh lagi pada hari yang sama.

Tanaman bidara juga banyak dicari produsen untuk dibuat minyak yang kita kenal minyak bidara yang harganya cukup lumayan mahal, minyak bidara dapat kita temukan di toko-toko obat atau di pasar tradisional biasanya satu paket dengan keperluan pengobatan jika kita mencari di pasar tradisional. [ Red ]

 

Penulis by UG DANI
News Warta Publik

Berbagai sumber

Image google

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini