News Warta Publik – Secara kultural, bangsa kita banyak diwarnai oleh musik. Pada masa Kerajaan hingga kasunanan, dan berlanjut hingga masa perang kemerdekaan, reformasi dan hingga milenial ini. Musik selalu menjadi penting yang mempengaruhi spirit para pejuang, pemimpin dan masyarakat didalam pergerakan mewujudkan cita-cita.

Tanggal 9 Maret dipilih dan di tetapkan sebagai Hari Musik Nasional (HMN) karena bertepatan dengan tanggal lahir WR Soepratman. Suatu sikap objektif yang berunsur tribute bagi Pencipta Lagu Indonesia Raya. Mengingat lagu kebangsaan merupakan identitas mutlak bagi sebuah negara,tak satupun negara di dunia yang tak memiliki lagu.

Pemerintah telah menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang hari musik, Keppres nomor 10 tahun 2013. Keppres itu menyebutkan, bahwa musik merupakan ekspresi budaya yang bersifat universal dan multi dimensional, mereprentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam mengisi pembangunan nasional.

Bagi kalangan musisi, Keppres nomor 10 tahun 2013 merupakan payung hukum, inspirasi dan spirit, untuk mempertahankan eksistensi musik sebagai penyedia dan penumbuh lapangan kerja yang berperan besar dalam pembangunan karakter bangsa.

Maka sangat penting bagi kita untuk terlibat memaknai “hari besar” bangsa yang bernama “Hari Musik Nasional” Sebuah komposisi yang indah dihasilkan dari perpaduan barbagai instrumen yang berbeda-beda.

Begitulah musik dan begitupulalah Indonesia, bangsa besar yang kita cintai ini yang terdiri dari berbagai macam Agama dan Suku yang tergabung dalam NKRI. Selamat Hari Musik Nasional 2019.

Sandec Sahetapy
Ketua Hari Musik Nasional

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini