Bogor, News Warta PublikWayang golek adalah salah satu warisan seni budaya nenek moyang. Kesenian tradisional khas Tanah Pasundan ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Namun, seiring dengan perjalanan waktu, keberadaan wayang golek sedikit demi sedikit mulai terlupakan, terutama di kalangan generasi muda.

Di tengah gempuran budaya Barat, masih ada pengrajin yang melestarikan kesenian asli Indonesia berupa wayang golek. Salah satu tempat di mana anda bisa melihat aneka wayang golek dan bagaimana proses pembuatannya datang saja ke pusat pengrajin Wayang golek di Panca Galih RT 1/3 Kelurahan Loji Bogor Barat.

Salah satu pengrajin. Yuyun Somantri Sutrisna, yang masih setia melestarikan warisan budaya tersebut. Dirumahnya, yang juga merupakan Galerinya. Anda bisa melihat berbagai tokoh wayang yang dia buat.

Pengurus paguyuban Pecinta Wayang Golek (PWG) Bogor Raya, Tomi Suparman yang sengaja datang ke Galeri milik Yuyun pada Sabtu, (30/12/2017) dirinya mengaku sangat bangga, di bogor masih ada pengrajin wayang seperti pak Yuyun.

“Di tengah gempuran budaya Barat, masih ada pengrajin yang melestarikan kesenian asli Indonesia berupa wayang golek,” kata Tomi kepada news warta publik.

Minimnya perhatian akan kesenian leluhur ini, tentunya secara tidak langsung memberikan dampak kepada para perajin wayang golek. Seperti yang terjadi di pusat pembuatan dan perajin wayang golek di Panca Galih Loji Bogor Barat, Jawa Barat. Seperti pepatah, “hidup segan mati tak mau.”

Ironis memang, seharusnya pengrajin seperti ini mendapat perhatikan terutama pemerintah setempat agar tidak punah tergilas jaman.[ Red ]

 

 

Reporter by Andy Djava
News Warta Publik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini