Bogor, News Warta Publik – Karinding adalah alat musik yang terbuat dari bambu dan merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengusir hama tanaman, karena karakter bunyi yang dikeluarkan terdengar mendengung dengan nada low decibel. Suaranya dihasilkan dari gesekan pegangan karinding dan ujung jari yang ditepuk-tepakkan.

Suara yang keluar biasanya terdengar seperti suara wereng, belalang, jangkrik, burung, dan lain-lain. Bagi pemain karinding, saat ini keberadaan mereka menunjukkan suatu kebangkitan budaya lokal, karena karinding yang notabene merupakan seni tua sanggup eksis dan bersaing dengan seni modern yang berasal dari luar negeri atau budaya barat.

Karinding diperkirakan telah ada sejak beberapa abad yang lalu. Di daerah Bogor, terdapat salah satu komunitas pemain karinding, yaitu Jaka Sunda. Komunitas ini berdiri pada tahun 2005. Sejak saat itu, Jaka Sunda sering bermain di berbagai acara.

Komunitas karinding Jaka Sunda, grup karinding yang sudah malang melintang diberbagai acara seperti pada Minggu, (6/1/19) pagi warga Bogor bisa melihat langsung dan mengenal lebih dekat dengan mereka di taman ekspresi lapang Sempur Bogor.

“Insya Allah setiap hari Minggu jakasunda di taman ekspresi sempur Bogor,” kata Banoen Soerya salah satu personil karinding Jaka Sunda kepada media News Warta Publik melalu pesan media sosial Facebook.

Andy Djava

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini