Bogor, News Warta Publik – Dalam dunia perdalangan wayang golek, kita mengenal Dinasti Sunarya di Jelekong, Kabupaten Bandung. Dinasti ini boleh dibilang tua mengingat sudah berjalan selama lima generasi.

Bila diukur dari tahunnya, masa kejayaan Dinasti Sunarya sudah berlangsung sekitar 3/4 abad. Itu bila diukur dari mulai populernya Ki Dalang Abah Sunarya yang jadi cikal bakal dinasti tersebut.

Salah satunya sebut saja, dalang Oza Kosasih Sunarya putra dari maestro dalang almarhum KH Ade Kosasih Sunarya. Oza, panggilan akrabnya saat ini bernaung di lingkung seni Giri Harja 2 Putra (GH2P).

Pria kalem tersebut, selain piawai memainkan wayang juga pandai memainkan alat musik gitar. Di dunia musik, sejumlah prestasi pun dia raih, berdasarkan informasi yang didapatkan di tahun 2007 menyandang predikat gitaris muda terbaik Indonesia.

Bakat mendalangnya sudah terlihat semasa dia masih kanak-kanak, di usia 5 tahun melekat predikat dalang cilik. Selain ilmu yang diwariskan oleh orangtuanya, tentunya dibarengi dengan niat yang kuat dalam melestarikan kesenian itu sendiri.

Semoga seni budaya tidak hanya jadi cerita dimasa yang akan datang, tapi terus mengakar dan mengalir menyebarkan “virus” cinta budaya kepada generasi berikutnya. Budaya jati diri bangsa Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini