Profile

Berawal dari hobi menulis, dan berbagi informasi News Warta Publik berdiri diera arus informasi digital sehingga media ini perlu menjembatani masyarakat untuk menyatukan visi mencerdaskan publik dengan informasi.

News Warta Publik mengikuti jejak PK Ojong dan Jacob Oetama dua sahabat pendiri Harian Kompas, UG DANI dan Andy Djava adalah pendiri News Warta Publik yang juga tidak dapat dipisahkan dari media ini untuk menyatukan misi dan visi nya.

Media ini didirikan berdasarkan undang-undang pers,Pasal 1 ayat (1) UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers mendefinisikan :

Pers sebagai lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Dalam perkembangannya pers mempunyai pengertian luas, pers mencakup semua media komunikasi massa, seperti radio, televisi, dan film yang berfungsi memancarkan/ menyebarkan informasi, berita, gagasan, pikiran, atau perasaan seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain. Maka dikenal adanya istilah jurnalistik radio, jurnalistik televisi,

jurnalistik pers yang meliputi semua sarana yang tersedia termasuk internet yang berbasis pewarta warga.

Teknologi informasi memungkinkan setiap orang untuk melakukan kerja sebagaimana didefiniskan sebagai kerja wartawan sekaligus menjalankan bisnis media.

Seorang yang mempunyai situs internet yang dikelolanya sendiri, yang mencari, mengolah dan menyampaikan informasi melaluinya adalah juga melakukan kerja jurnalistik. Fenomena seperti ini tidak lagi berada di alam ide dan wacana belaka, melainkan telah dipraktikkan secara massive. Dengan sebuah blog orang maupun sekelompok orang dapat mengelola sendiri suatu situs internet dan menjadikannya sebagai wahana komunikasi massa, menjadikannya sebagai media berita (news media).

Singkat kata, blog pula menjalankan fungsi seperti yang diemban media tradisional pada umumnya yakni mencari dan menyampaikan informasi. Kerapkali bahkan apa yang ditulis dan disampaikan melalui blog lebih lengkap daripada media tradisional, apa yang disebut sebagai partcipatory journalism. Dalam beberapa hal, blog pula adalah journalism.

News Warta Publik juga berpegang pada UUD 45 pasal 28f, Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.