Sukabumi, News Warta Publik – Situs Batu Kujang atau Masyarakat setempat ada yang menyebutnya Batu Kujang, Batu Kursi, Batu Jolang, atau Batu Mayat). Merupakan situs purbakala yang terletak di Kampung Tenjolaya Girang, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, kabupaten Sukabumi.

Situs ini terletak di lereng Gunung Salak di areal yang bergelombang. Di situs ini terdapat beberapa batu diantaranya batu kujang, batu jolang, dan batu mayat. Secara keseleruhan, penamaan batu-batu tersebut berdasarkan bentuk-bentuknya yang menyerupai benda-benda dimaksud.

Area situs dibatasi aliran Sungai Cisaat di sebelah timur, sebelah utara berupa lahan pertanian, pertemuan aliran Cileueur dan areal persawahan di sebelah barat, dan pertemuan aliran Sungai Cisaat serta dan Cileueur di sebelah selatan.

Situs ini dibatasi pagar kawat. Di sekelilingnya tumbuh pohon bambu, laban, nangka, durian, damar, harendong, dan tanaman perdu seperti honje, salak, dan hanjuang.

Untuk menuju ke situs, kendaraan roda dua dan empat hanya bisa mencapai di kampung terdekat, yaitu Kampung Tenjolaya. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki. Jalan setapak dan menanjak harus dilalui untuk mencapai situs ini.

Tantangan lain adalah udara yang cukup dingin pada ketinggian situs mencapai 800-an m dari permukaan air laut. Menurut warga setempat, Ismail (50) mengatakan warga baru mengetahui kalau dilokasi tersebut terdapat situs megalitikum sekarang-sekarang ini.

“Warga disini taunya ditempat itu hanya ada batuan begitu saja, tidak tau kalau itu peninggalan zaman dulu,” kata Ismail sambil menunjukkan ke arah lokasi.

Karena, sambung dia warga masyarakat di kampungnya kalaupun ke lokasi situs hanya sekedar lewat untik mencari kayu bakar dan berkebun. Dulu, diokasi situs tidak seperti sekarang ini.

“Dulu sepi, sekarang setelah banyak orang yang tau hampir setiap hari libur ada aja yang ke situs. Selama tidak disalahartikan tidak apa-apa, asal jangan digunakan negatif dan mengotori lokasi,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini