Bogor, News Warta Publik – Umpan adalah hal penting yang mempengaruhi keberhasilan memancing. Ada berbagai jenis spesies ikan air tawar, sehingga umpan yang dipakai pun berbeda-beda. Sehingga diperlukan pengetahuan tersendiri untuk kalangan pemancing dalam memilih umpan yang pas bagi target ikan tertentu.

Menurut Emuk, salah satu pemancing mengatakan umpan terbaik dapat digunakan ramuan dari cacing, kroto, jangkrik, udang kecil dan kroto. Kita bisa mengolah racikan umpan sendiri menggunakan umpan-umpan tadi dengan ditambah bahan-bahan pelengkap tertentu untuk menghasilkan sebuah ramuan umpan yang disukai ikan.

“Memancing ikan nila dengan pelet biasanya dilakukan di kolam atau sungai. Untuk pelet bisa memakai pelet serbuk atau pelet yang dalam bentuk bundar kecil,” kata Emuk kepada media ini saat ditemui di kolam pemancingan kang Ai pamoyanan Bogor selatan. Rabu, (19/12/2018).

Untuk memancing, pelet sebelumnya harus diolah dulu agar terlihat dan kenyal. Hal ini untuk mempermudah ketika dipasang di kail nantinya. Pengolahan pelet untuk memancing cukup mudah dan gak perlu campuran apa-apa.

“Pelet sendiri baunya sudah cukup menggoda ikan nila,” ujarnya.

Andy Djava

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini